Saat Gates Menggurita

In Sosial Budaya

Saat Gates Menggurita

Oleh: Ndaru Anugerah

Siapa filantropi paling kaya di dunia saat ini?

Dialah Bill Gates, dengan total kekayaan mencapai USD 72 milyar. (http://www.forbes.com/profile/bill-gates/)

Dengan dana abadi mencapai USD 38 milyar, Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) telah mengerdilkan pemain lama yang pernah dominan sebelumnya, antara lain: Ford Foundation (USD 10 milyar), Rockefeller Foundation (USD 3 milyar) dan Carnegie Foundation (USD 2,7 milyar). (http://foundationcenter.org/findfunders/topfunders/top100assets.html)

Dengan dana amal segitu banyak, pastinya bukan saja dapat membeli kebijakan di suatu negara, tapi juga mengatur dunia.

Nggak percaya?

Pada dunia pendidikan, terutama di AS, BMGF paling getol menggelar proyek reformasi pendidikan. Tujuannya setidaknya menyangkut upaya privatisasi sekolah umum dan juga serikat guru. (https://www.washingtonpost.com/education/2020/02/10/bill-melinda-gates-have-spent-billions-dollars-shape-education-policy-now-they-say-theyre-skeptical-billionaires-trying-do-just-that/)

Sedangkan pada tingkat global, BMGF adalah pengusung utama pendidikan berbasis digital. (baca disini dan disini)

Pada bidang pertanian, jangan coba dilawan mengingat dari sektor hulu hingga hilir, gurita BG nggak tertandingi. (baca disini, disini, dan disini)

Pada bidang kesehatan juga sami mawon. Perlu diketahui bahwa di 2009 saja, BMGF telah menghabiskan lebih dari USD 1,8 milyar untuk proyek kesehatan global. (https://www.devex.com/en/news/top-10-philanthropic-foundations-what-you-need-to/75508)

Dan di WHO saja, BMGF merupakan pemain dominan dalam pembentukkan kebijakan kesehatan global, mengingat donasi jumbo yang diberikan kepada badan kesehatan dunia tersebut. (http://www.ghwatch.org/sites/www.ghwatch.org/files/ghw2.pdf)

Bagimana modus yang dijalankan?

Pola yang dikembangkan BMGF biasanya memakai organisasi-organisasi kemitraan.

Misalnya BMGF menggalang kemitraan dengan membentuk konsorsium dengan 13 perusahaan obat alias Big Pharma dalam rangka mengatasi penyakit tropis. (http://www.gatesfoundation.org/media-center/press-releases/2012/01/private-and-public-partners-unite-to-combat-10-neglected-tropical-diseases-by-2020)

Pada bidang vaksinasi, BMGF juga merupakan penggerak utama dalam membentuk kemitraan dengan industri vaksin yang belakangan disebut GAVI, yang punya concern pada negara-negara misqueen. (https://www.gavi.org/operating-model/gavis-partnership-model/bill-melinda-gates-foundation)

Bisa dikatakan bahwa modus operandi yang dijalankan BG lebih canggih daripada perusahaan MNC sekalipun, karena dapat menjangkau rantai pasokan dari mulai tahap pengadaan, produksi hingga distribusi, tanpa nggak banyak orang paham cara kerja yang dilakukan BG tersebut.

Begitu kuatnya tentakel yang dimiliki BG, membuat seorang pejabat LSM berkata demikian, “Anda tidak dapat batuk, menggaruk kepala atau bahkan bersin dalam keadaan sehat tanpa datang dulu ke Gates Foundation.” (http://www.nytimes.com/2008/02/17/world/americas/17iht-gates.4.10120087.html)

Dengan kata lain, hidup anda dan saya, sudah diatur sama BG.

Dan mantan CEO Jeff Raikes BMGF bahkan menegaskan, “Pengaruh yayasan secara global begitu besar. Dan kami tidak menggantikan PBB, karena kami adalah bentuk baru dari organisasi multilateral.” (http://www.unpost.org/will-gates-foundation-replace-the-un/#ixzz2pjv08DJr)

Mengacu pada semua paparan yang telah saya sebutkan, apa yang nggak bisa diatur oleh BG?

Ayo katakan: kami patuh…kami patuh…kami patuh!

Salam Demokrasi!!

(*Penulis adalah analis Geopolitik dan mantan Aktivis 98)

Join Our Newsletter!

Love Daynight? We love to tell you about our new stuff. Subscribe to newsletter!

You may also read!

Jejak Gates di Indonesia

Jejak Gates di Indonesia Oleh: Ndaru Anugerah Siapa nggak kenal Bill Gates? Saya yakin, sedunia pasti kenal lah dengan sosok yang satu

Read More...

Krisis di Chad

Krisis di Chad Oleh: Ndaru Anugerah Presiden Idriss Deby terbunuh ditangan pemberontak Front Chad untuk Perubahan dan Kesesuaian (FACT), setelah kurleb

Read More...

Proyek Nyamuk Gates (*Bagian 2)

Proyek Nyamuk Gates (*Bagian 2) Oleh: Ndaru Anugerah Pada bagian pertama tulisan, saya sudah mengulas tentang rencana Oxitec dalam mengendalikan nyamuk

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu