Glifosat di Florida

In Lite

Glifosat di Florida

Oleh: Ndaru Anugerah

Apakah pencemaran yang diakibatkan glifosat sudah demikian meresahkan?

Baru-baru ini ada penelitian yang mengungkapkan bahwa manate di Florida secara kronis terpapar glifosat. Penyebabnya adalah pemakaian pestisida pada tanaman tebu dan gulma air. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160412021001185)

Apa itu manate?

Secara harafiah, manate adalah mamalia air besar dari family Trichechidae. Dalam bahasa sederhananya manate adalah lembu laut, jadi hewan herbivora yang biasanya merumput di perairan dangkal.

Penelitian itu menyatakan bahwa kandungan glifosat ada dalam plasma sampel manate yang dipakai sebanyak 55,8%. Dan konsentrasi ini meningkat tajam dari tahun 2009 hingga 2019.

Penulis juga menemukan bahwa sungai Caloosahatchee dan St. Lucie juga tercemar glifosat, mengingat lokasinya yang dekat dengan area pertanian Everglades. Kandungan glifosat secara signifikan ditemukan saat sebelum dan selama panen pada daerah tersebut.

“Ini menunjukkan bahwa perairan Florida sudah tercemar glifosat dan ini dapat mengancam kelangsungan satwa tersebut,” ungkap Jacklyn Lopez selaku direktur Center for Biological Deversity, Florida. (https://www.news-press.com/story/tech/science/environment/2021/03/22/more-than-half-floridas-manatees-have-herbicide-glyphosate-their-bodies-new-study/4798339001/)

Selain itu, para peneliti juga memaparkan temuan glifosat yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati pada hewan yang diteliti di laboratorium.

Pada penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa kandungan glifosat sangat tinggi juga ditemukan pada Danau Okeechobee, Florida.

Ini bisa terjadi saat Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida menggunakan glifosat semprot dalam mengendalikan gulma air pada kawasan tersebut secara besar-besaran. (https://www.biologicaldiversity.org/campaigns/Floridas-toxic-algae/index.html)

Tentang bahaya glifosat, saya pernah bahas secara detil. (baca disini dan disini)

Kalo manate saja tercemar sedemikian parahnya, gimana manusia yang berada pada puncak rantai makanan dalam ekosistem?

Salam Demokrasi!!

(*Penulis adalah analis Geopolitik dan mantan Aktivis 98)

Join Our Newsletter!

Love Daynight? We love to tell you about our new stuff. Subscribe to newsletter!

You may also read!

Jejak Gates di Indonesia

Jejak Gates di Indonesia Oleh: Ndaru Anugerah Siapa nggak kenal Bill Gates? Saya yakin, sedunia pasti kenal lah dengan sosok yang satu

Read More...

Krisis di Chad

Krisis di Chad Oleh: Ndaru Anugerah Presiden Idriss Deby terbunuh ditangan pemberontak Front Chad untuk Perubahan dan Kesesuaian (FACT), setelah kurleb

Read More...

Proyek Nyamuk Gates (*Bagian 2)

Proyek Nyamuk Gates (*Bagian 2) Oleh: Ndaru Anugerah Pada bagian pertama tulisan, saya sudah mengulas tentang rencana Oxitec dalam mengendalikan nyamuk

Read More...

3 commentsOn Glifosat di Florida

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu