Bisakah Berakhir?

In Lite

Bisakah Berakhir?

Oleh: Ndaru Anugerah

“Kapan pandemi akan berakhir?” Mungkin itu pertanyaan yang sering dilontarkan kepada saya, sekalipun saya sedang cuti dari pekerjaan saat ini.

Untuk menjawabnya, mungkin ilustrasi ini bisa menggambarkan kapan plandemi akan berakhir.

Selama plandemi, angka kemiskinan makin bertambah di Wakanda. Pada September 2020 silam saja, angka orang misqueen mencapai 27,55 juta orang.

Secara statistika, maka angkanya mencapai 10,19%. Dan ini sangat banyak. (https://money.kompas.com/read/2021/02/16/073400926/penduduk-miskin-indonesia-naik-jadi-27-55-juta-akibat-covid-19-tren-penurunan?page=all)

Kenapa bisa makin banyak angka orang misqueen-nya?

Bukan si Kopit yang menyebabkannya, tadi ‘kebijakan konyol’ yang diambil oleh pejabat, sehingga perekonomian nggak bisa berjalan seperti biasanya. Walhasil, pendapatan masyarakat-pun tertekan dan menyebabkan mereka masuk ke dalam jurang kemiskinan.

Ini nggak hanya berlaku di Wakanda, tapi di seluruh dunia.

Laporan World Bank bahkan menyatakan bahwa sekitar 150 juta orang di dunia akan berada dalam status ‘sangat misqueen’ pada tahun 2021 ini. (https://www.worldbank.org/en/news/press-release/2020/10/07/covid-19-to-add-as-many-as-150-million-extreme-poor-by-2021)

Pertanyaannya: apakah ini berlaku untuk semua?

Pernyataan yang dikeluarkan lembaga anti korupsi di Wakanda, menarik untuk disimak. Dikatakan dalam sebuah webinar bahwa harta para pejabat di Wakanda, justru meningkat dikala angka kemiskinan terkerek naik.

Memang berapa angka kekayaan pejabat yang meroket tersebut?

Angkanya mencapai 70,3%. Ini jelas ironis, mengingat angka kemiskinan justru makin bertambah. (https://nasional.kompas.com/read/2021/09/13/07480491/ironi-masa-pandemi-kekayaan-pejabat-naik-di-tengah-bertambahnya-penduduk?page=all)

Dari sekian banyak pejabat yang kekayaannya bertambah tersebut, salah satunya adalah menteri yang menangani bidang investasi sekaligus menjabat sebagai koordinator Karantina Darurat di Wakanda. (https://nasional.kompas.com/read/2021/09/13/12265351/pejabat-tambah-kaya-selama-pandemi-kpk-kalau-yang-pengusaha-biasa-naik-turun)

Jadi wajar nggak sih kalo orang bertanya-tanya tentang Karantina Darurat yang terus diperpanjang di Wakanda? Lha wong rakyat Wakanda pada terdampak, harta para pejabatnya justu terus melambung tinggi. Dengan adanya ‘peluang’, siapa juga yang mau kondisi plandemi cepat-cepat berakhir?

“Yang meroket itu bukan ekonominya, melainkan harta para pejabatnya,” demikian kurleb sindiran salah seorang tokoh oposisi. (https://www.jpnn.com/news/harta-jokowi-sejumlah-menterinya-meroket-di-masa-covid-19-roy-suryo-singgung-ramalan-ini)

Dengan semua temuan ini, akankah plandemi dapat berakhir secepat kilat?

Saya pikir itu hanya pertanyaan retorik. Hanya Ondel-Ondel Monas yang nggak mampu menjawabnya.

Salam Demokrasi!!

(*Penulis adalah analis Geopolitik dan mantan Aktivis 98)

Join Our Newsletter!

Love Daynight? We love to tell you about our new stuff. Subscribe to newsletter!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu